Orasi Ilmiah Guru Besar ITB Prof. Taufan Marhaendrajana dan Prof. Trio Adiono

Diawal 2019, Forum Guru Besar ITB melaksanakan kegiatan Orasi Ilmiah Guru Besar yang diselenggarakan pada 9 Februari 2019, di Gedung Aula Barat ITB. Guru Besar pembawa Orasi Ilmiah adalah Prof. Taufan Marhaendrajana Guru Besar dalam Bidang Ilmu “Karakter dan Pemodelan Reservoir” dan Prof. Trio Adiono Guru Besar dalam Bidang Ilmu “Perancangan Chip”.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB, dipimpin oleh Ketua Forum Guru Besar ITB Prof. Tutuka Ariadji didampingi Sekertaris Forum Guru Besar Prof. Freddy Permana Zen.

DSC_4842

Dalam Orasi Ilmiah Prof. Taufan Marhaendrajana, yang berjudul “Pemahaman Karakter Reservoir Migas dari Data Real Time dan Peningkatan Produksi Minyak dengan Injeksi Kimia” dinyatakan bahwa “Ketergantungan dunia atas energi fosil khususnya minyak dan gas bumi masih berlangsung dan tidak dapat dipungkiri akan berlangsung sampai beberapa dekade ke depan. Permintaan (konsumsi) dunia akan minyak di tahun 2017 mencapai 86,6 juta boe per hari (Ref1). Sedangkan permintaan (konsumsi) dunia atas natural gas yang meliputi minyak, gas, batubara, nuklir, hidro dan energi baru lainnya, penggunaan kombinasi minyak dan gas masih cukup mendominasi dengan angka mencapai 57% (Gambaar1). angka ini tidak banyak berubah dari akhir dekade yang lalu (2010) yaitu sebersar 58%.

Picture2

(Gambar 1)

 

DSC_4980

Dalam Orasi Ilmiah Prof. Trio Adiono, ¬†yang berjudul “Industri Chip sebagai Basis Pengembangan Industri Nasional” disampaikan bahwa “Industri Chip, sebagai industri hulu dalam rantai nilai industri elektronika memiliki posisi yang sangat strategis dalam mendorong berkembanganya produk – produk inovatif dan bernilai tambah tinggi. Industri Chip memiliki potensi yang sangat besar bagi Indonesia sebagai penompang perekonomian sebuah bangsa dalam bersaing di pasar global. Permasalahan pengembangan industri elektronika nasional dapat dipecahkan dengan langkah – langkah strategis dengan fokus pada pengembangan beberapa sektor tertentu dan penyediaan regulasi yang tepat dan terkoordinasi antar kementrian”.

Setelah kedua Guru Besar Pembawa Orasi Ilmiah selesai menyampaikan Orasi Ilmiah, acara ditutup oleh Ketua Sidang pada pukul 11.15 WIB, dengan dihadiri sekitar 147 tamu undangan.

Berita Terkait